Annyeong Haseyo.....Welcome To My World......

LOVELY....WITH YOUR HEART AND YOUR LOVE....

Selasa, 29 Mei 2012

Inspirasi atau Plagiat???

            Wah dua kata yang hampir sama artinya tapi sangat berbeda. Intinya sih dua-duanya mencontoh dari apa yang mereka lihat,rasa dan dengar. Orang dikatakan terinspirasi dari sesuatu jika dia pernah melihat, mendengar atau merasakan sesuatu hal yang bagus dan menarik menurutnya dan dia menciptakan atau membuat sesutu yang menurutnya bagus dan menarik dengan dasar apa yang pernah dia lihat,dengar dan rasakan tapi dengan gaya dan kemampuan mereka sendiri. Sementara orang dikatakan plagiat apabila dia mengambil penuh tanpa terkecuali atau kurang lebih 50 persen dari sesuatu yang pernah dia dengar, lihat maupun rasakan yang menurutnya itu bagus dan menarik sehingga dia ingin sekali menjadi seperti itu (seperti obsesi). Inspirasi dan plagiat akhir-akhir ini banyak yang membicarakannya, mulai di dunia maya, media cetak, media elektronik bahkan sampai menjadi bahan pembicaraan anak-anak muda maupun para ibu-ibu yang suka ber cas cis cus ria di warung. Heheheheh...
          Gue juga sering sebel sendiri ketika ada orang baik terkenal maupun tidak terkenal yang tertangkap basah melakukan plagiat tapi dia malah mengelak dan tidak mengakuinya (Pengen gue maki tuh orang). Dari jaman dulu sampai gue udah tua gini masih ada yang suka plagiat. Kalo dulu pada saat jaman sekolah, gue sebel ma temen gue yang suka nyontek PR gue. Jika ditanya ma guru pasti jawabannya dia yang buat sendiri (ya iyalah...kalau bilang nyontek berarti dia orang paling bodoh di dunia...ckckckck). yang paling bikin gue sebel, dulu pernah ada tugas mengarang indah, temen gue datang dan bilang pengen liat karangan gue buat inspirasi aja. Ya gue kasih dong, secara gue orangnya baik dan tidak sombong...hahahahaha. tapi apa yang terjadi...sungguh keterlaluan dia menjiplak abis karangan gue dan pada saat ditanya guru, dia yang bilang itu karangan dia sendiri. Gue tidak bisa berbuat apa-apa dan langsung spechless.   Finally, nilai gue dikurangi dan sejak itu gue benci ma orang yang suka niru-niru tapi tidak mau mengakuinya. Itu sama aja dengan mencuri jerih payah orang lain (Huft...jadi sebel sendiri kalau inget itu)..
          Sudah cukup curhatnya, sekarang kembali ke pembicaraan awal. Akhir-akhir ini banyak sekali yang membicarakan tentang inspirasi dan plagiat. Ya…semenjak bermunculan grup idola (boyband dan girlband) di Indonesia yang disinyalir karena terpengaruh budaya k-pop yang memang sedang mendunia. Dari tahun 2011 lalu tiba-tiba di setiap acara musik bermunculan berbagai macam grup idola, dari yang beranggotakan 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan belum tahun ada yang sepuluh personil gak ya...hehehehe...yang menurut gue gak ada kualitasnya sama sekali (sori lho yang pada suka ma grup idola di Indonesia). Suara gak tau seperti apa aslinya, cz kalo tampil sering banget lypsinc jadi itu pake suara rekaman ayng bisa diedit sebelumnya. Sementara dance, bisa dianggap seperti anak baru belajar dance seminggu yang lalu buat ngisi acara 17an, gak kompak, gak berisi, dan yang paling penting dancenya sering asal-asalan (itulah alasan gue gak begitu suka dengan grup idola dalm negeri).
          Berbeda dengan grup idola dari luar negeri khususnya dari penyebar virus k-pop sendiri yaitu Korea. Dari segi kuantitas memang tidak sesering tampil di tipi seperti di Indonesia soalnya di sana acara musik di tipi memang dijadwalkan seminggu sekali, Sementara di Indonesia setiap hari ada acara musik, dari pagi hingga malam. Tapi dari segi kualitas mereka patut diacungi jempol gede gue..hehehehe...lihat aja jika mereka perform, suara pasti live, dance pasti bagus, kompak, energik. Meski mereka menyanyi dan dance dengan live, tapi suara mereka tetap bagus kok. Itulah alasan ke dua kenapa gue suka ma grup idola asal negeri ginseng itu.
          Menurut gue ya, grup idola di Indonesia hanya aji mumpung aja. Mumpung masih diminati konsep k-pop sehingga mereka ikut-ikutan aja. Lihat aja, dari jenis musik yang ditampilkan, dance yang sering mereka tunjukkan dan juga yang paling menonjol adalah gaya/style mereka yang menurutku sudah korea banget. Akan tetapi yang paling gue benci adalah jika ditanya apakah mereka terinspirasi dari grup idola Korea, dengan lantang mereka menjawab..TIDAK...Hello, kalian itu sudah Korea banget, kenapa masih mengelak sih (marah..marah...marah...).
          Sebenarnya ada 1 grup idol yang beranggotakan 9 personil yang mungkin sudah keterlaluan. Dari jumlah, konsep grup idola, dance, style bahkan hingga lagu pun semuanya hasil contekkan lebih 50% dari grup idola papan atas Korea. Ketika ditanya tentang grup idola itu, dengan tegas mereka menjawab tidak tahu dan mereka malah berkata ‘apa itu nama makanan’. Gue jujur aja ya…gue yang juga suka ma grup idola Korea itu, sangat marah dan pengin gue maki-maki tuh orang (para fans lain juga pasti pengin ngelakuin hal yang sama…hidup S**E!!!!!). sekarang grup idola itu sedang di Korea, entah sedasng apa di sana, gue gak peduli. Tapi katanya mereka pengin ketemu ma grup idola yang mereka tahunya sebagai makanan itu (ups..ati-ati lho...bukanya mendapat makanan yang dimaksud malah menjadi makanan buat para fans grup idola Korea di sana...hahahahaha...).
          Trus ada satu grup lagi yang juga bikin gue pengin bilang plagiat. Meski tidak separah yang di atas, tapi mereka juga bisa dibilang sebagai peniru. Konsep grup, konsep lagu dan lambang pun sama dengan salah satu grup idola Korea. Akan tetapi gue tidak terlalu marah dengan mereka, cz mereka sendiri mengakui kalau mereka terispirasi dari grup idola Korea itu. Tapi, jikalau di kemudian hari gue menemukan kesamaan yang melebihi batas 50% dengan grup idola Korea itu, gue langsung maki-maki tuh grup idola (terinspirasi tetap terispirasi ya mbak...jangan sampai jadi plagiat yang tidak mau diteriaki plagiat...okey). Dan masih banyak lagi yang ternyata meniru dari berbagai grup idola populer di Korea yang tidak bisa gue sebutin satu per satu (tangan gue udah pegel...hehehe).
          Finally, terispirasi boleh saja asal kita ambil yang baik saja dan kita saring lagi sesuai kemampuan dan kreatifitas masing-masing agar menjadi sesuatu yang istimewa dari suatu diri kita. Bagus buat yang lain, belum tentu bagus buat kita bukan??. Seperti kata kak Agnes, ‘Saya lebih suka yang orisinil bukan yang ikut-ikutan...’hehehehe....Bukan bermaksud menjelekkan atau memojokkan, tapi sebagai bahan masukan aja, agar kita tidak disebut sebagai pencuri selamanya.
          Salam Manis….With Love and Peace…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

penulis

penulis

Halloooo.....

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
You can add me on fb ; Sung Anggie Hyolic or send to my email : My_stories54@yahoo.co.id Selamat menikmati blog pribadiku.... Gamsahamnida...